Ternyata Ini Manfaat Garam Untuk Pakan Ternak

Tanggal :22/11/2021 11.42.00 Penulis : Albertus

Garam Pakan Ternak

Garam sudah dipakai manusia sejak lama, garam dimanfaatkan untuk menambah cita rasa pada makanan, tidak hanya untuk menambah cita rasa pada makanan, garam juga dapat digunakan untuk sebagai pengawet alami untuk ikan, dagin dan sejenisnya, tidak hanya itu, garam juga bermanfaat untuk industri manufaktur, industri textile, garam pakan ternak dan banyak industri lainnya yang menggunakan garam. Selain manusia, ternyata hewan juga membutuhkan garam loh untuk membantu proses tumbuh dan berkembangnya. Penasaran apa sih fungsi garam pakan ternak untuk hewan, berikut ulasannya :

Sebagai negara tropis,  Indonesia  mempunyai  curah hujan sepanjang tahun.  Hal  ini berakibat unsur hara yang di dalam tanah larut bersama air hujan. Larutnya unsur hara tanah membuat rumput – rumput untuk pakan ternak mengalami kekurangan mineral. Disamping itu peternak biasanya memberikan pakan berupa rumput dan limbah pertanian, yang sebagian besar mengandung energi dan protein. Kebutuhan mineral belum diperhatikan.

Garam untuk pakan ternak menjadi sumber mineral esensial natrium dan khlor. Mineral tersebut tidak disimpan dalam tubuh karena sebagian besarnya terdapat dalam cairan tubuh dan jaringan lunak. Mineral seperti garam tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh ternak, akan tetapi di dapat dari luar. Hal itulah yang menyebabkan garam untuk pakan ternak perlu disediakan bagi setiap ternak, yaitu agar ternak mendapatkan mineral yang cukup.

Garam untuk pakan ternak yaitu NaCl yang sangat diperlukan oleh hewan. Peternak harus menyediakan garam untuk pakan ternak dikandang, agar setiap saat hewan ternak dapat menjilatnya. Campuran garam untuk pakan ternak yaitu terdiri dari 50 % garam dan 50 % dicalcium phosphat harus disediakan setiap saat. Sapi dan kerbau akan menghabiskan 2 kg campuran garam untuk pakan ternak ini selama satu bulan. Kambing dan domba memerlukan sekitar 200 gr/ekor garam untuk pakan ternak setiap bulan. Mineral untuk ternak diberikan dalam jumlah sedikit, kurang lebih 4 persen. Mineral tidak boleh diberikan dalam jumlah berlebihan. Jika berlebihan justru akan mengakibatkan keracunan pada ternak.

Hal ini karena pada musim kemarau hijauan berhenti tumbuh, kehilangan warna hijau, berserat dan berlignin tinggi. Lignin merupakan komponen dinding sel tanaman yang diketahui sebagai faktor pembatas untuk mencerna polisakarida di dalam rumen. 

Garam untuk pakan ternak (NaCl) sama fungsinya seperti garam yang dipakai manusia. Ternak yang mengalami kekurangan  mineral biasanya mempunyai tanda–tanda penurunan bobot  badan serta  produksi air susu pada hewan yang berlaktasi, kram pada urat daging, menjilat – jilat apa yang ada disekitarnya untuk mendapatkan garam, rambut kasar dan bisa mencapai kematian. Semakin tinggi produktivitas, semakin penting juga tingkat konsumsi mineralnya. Pada musim kemarau mineral seharusnya lebih banyak diberikan. Hal ini karena pada musim kemarau hijauan berhenti tumbuh, kehilangan warna hijau, berserat dan berlignin tinggi. Lignin merupakan komponen dinding sel tanaman yang diketahui sebagai faktor pembatas untuk mencerna polisakarida di dalam rumen. Pada musim kemarau  kualitas hijauan juga  menjadi rendah dan konsumsi ternak terhadap hijauan menurun. Rendahnya konsumsi ternak terhadap hijauan karena tingkat kesukaan (palatabilitas) menurun. Dari hal di atas dapat diketahui bahwa fungsi garam pada pakan ternak. antara lain :

  1. Untuk menambahrasa pada pakan ternak
  2. Meningkatkantingkat kesukaan (palatabilitas) 
  3. MeningkatkanPertambahan Bobot Badan (PBB), meningkatkan efisiensi pakan
  4. Meningkatkanketahanan terhadap penyakit dan stress
  5. Memperbaiki sistemreproduksi pada ternak sehingga ternak bisa bereproduksi sesuai potensialgenetiknya,
  6. Meningkatnyakarkas rendah lemak.
  7. Berguna sebagaimineral bagi pertumbuhan tubuh ternak
  8. Untuk membantupembentukan vitamindan enzim dalam tubuh ternak.

Wahana persada sebagai supplier, dan distributor garam pakan ternak, akan memberikan yang terbaik untuk seluruh sektor industri di Indonesia, salah satunya untuk industri ternak. Pemberian mineral pada ternak diharapkan mampu meningkatkan  keuntungan ekonomi  pada peternak. Rasio benefit atau cost meningkat.  Produksi daging meningkat. Produksi daging yang terus meningkat, swasembada daging akan tercapai.

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English